oleh

Konjen Australia Temui Wagub Sulsel Bahas Kerjasama Pariwisata BeritaINews.com

BeritaINews.com SulselKonsulat Jenderal RI untuk Darwin Nothern Territory Australia, Dicky Soerjanatamihardja menemui Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman guna membahas kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulsel terkait pariwisata di Baruga Lounge Kantor Gubernur, Selasa (5/3/2019).

Menurut Dicky, dirinya sengaja berkunjung ke Makassar bertemu Wagub Sulsel guna membahas beberapa hal, diantaranya terkait keikutsertaan Sulsel pada Arafura Games yang akan dihelat di Darwin Australi April mendatang.

Selain itu juga dibahas kerjasama dibidang pariwisata untuk mendorong sistem operasional antara Tana Toraja dan Toraja Utara dengan pasar ToriTori.

Ketiga adalah memanfaatkan keberadaan pelabuhan Makassar sebagai hub untuk wilayah Indonesia Timur untuk mendirect ke Darwin di luar perjalanan ke Sidney. Tapi, kita juga berharap agar pelabuhan Darwin untuk menerima logistic yang datang dari Makassar,”terangnya.

Australia juga melirik peluang kerjasama pendidikan vokasional guna melihat potensi pasar tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan keahlian. Pasalnya di pasar Toritori, Perth Australia akan dibuka peluang lebih banyak bagi orang asing yang memiliki standar kualifikasi dan kemampuan, salah satunya di bidang bahasa untuk bekerja di kawasan tersebut.

Hal ini memungkinkan kita untuk lebih banyak mengirimkan tenaga kerja yang punya keahlian untuk bekerja di Australia,”jelasnya.

Sementara itu Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi inisiasi Konsulat RI tersebut. Pemprov Sulsel pun akan mendukung sepenuhnya termasuk dalam event Arafura Games yang memungkinkan terjalinnya persahabatan dengan wilayah lain.

Diskusi dengan beberapa pelaku usaha akan kita lakukan, terkait potensipotensi yang ada di Sulsel dan kerja sama yang dibahas antara pengusaha kita dengan pengusaha Australia untuk masalah Direct Call ini,”ujarnya.

“Andi Sudirman juga menambahkan Direct Call Port ini sangat penting karena logistik dapat langsung terkirim ke Darwin tanpa ada hambatan lagi.

Kita berharap agar dalam waktu dekat ini kita lakukan persiapanperisapan dan terus komunikasi sedikit followup untuk lanjutan pembahasan ini,”harapnya.

Diharapkan kerjasama ini dapat terlaksana dan membawa manfaat bagi masyarakat, bukan hanya di Sulsel tetapi juga di Indonesia bagian timur.(bas/Srf)

Komentar

News Feed