oleh

Gempa Magnitudo 6,9 Sulteng, Berpusat Di Banggai Kepulaan: Warga Di Minta Waspada BeritaiNews.com

BERITAiNEWS.COM, SultengKepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menuturkan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berpotensi tsunami dengan status peringatan waspada. Gempa yang berkuatan 6,9.SR, berada di kabupaten morowali provensi sulawesi tengah (Sulteng), berpotensi Sunami.

Gempa yang terasa kuat di Kabupaten Banggai. Diperkirakan Daerah yang berpotensi tsunami adalah di Kecamatan Toili. Warga yang berada di sana telah diminta untuk mengungsi ke tempat aman.

Guncangan Gempa pertama bermagnitudo 6,9 terjadi sekitar pukul 18.40 WIB. Pusat gempa berada di 85 kilometer Barat Daya Banggai Kepulauan, dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa berpotensi tsunami.

Guncangan Gempa kedua magnitudo 5.0 berpusat 98 kilometer dari Banggai Kepulauan. Berada di kedalaman 10 kilometer dari permukaan laut. BMKG memastikan gempa kedua tidak berpotensi tsunami.

Guncangan Gempa ketiga terjadi sekitar pukul 19.12 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,2. Berpusat di 84 kilometer Barat Daya Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, dengan kedalaman 10.

Sementara itu di Palu, guncangan Gempa terasa kuat selama enam detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Guncangan kuat juga terasa di Kabupaten Luwu Timur sekitar empat detik.

pemerintah provinsi kabupaten kota yang berada pada status waspada diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan sungai," kata Sutopo kepada wartawan, Jumat (12/4).

(BSN)

Komentar

News Feed