oleh

PMI Makassar, Gelar Bimtek Jurnalistik Dan Pemetaan Bencana

BERITA iNEWS.COM, MakassarKorps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit 118 Markas Kota Makassar mengelar kegiatan Bimbingan Teknis Jurnalistik dan Pemetaan Bencana Tingkat KSR seSulawesi Selatan, JumatMinggu (1214).

Kegiatan ini berlangsung di Pusdiklat PMI Provinsi di Jl Lanto Dg Pasewang No 55 Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Peserta berasal dari delapan daerah yang terbagi dalam 14 Unit KSR Kab/Kota. Masingmasing KSR mengutus empat orang untuk mengikuti bimteks jurnalistik dan bimteks pemetaan bencana.

Riswal selaku Komandan KSR PMI Unit 118 Markas Kota Makassar mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan acara Aksi Milad 11 Tahun KSR PMI Unit 118 Markas Kota Makassar. Bimteks ini diselenggarakan dalam bentuk pelatihan indoor dan outdoor.

“Rangkaian kegiatan aksi milad sebelumnya sudah dilaksanakan Bimtek Perencanaan dan Pelaporan Tingkat PMR Wira seKota Makassar dan Bakti Sosial, kemudian dilanjutkan Bimtek Jurnalistik dan Pemetaan Bencana Tingkat KSR seSulawesi Selatan,” ungkapnya.

Tujuan dilaksanakannya menurut dia adalah peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk menjadi relawan yang tangguh dan profesional.

“Dari kegiatan ini diharapkan peserta mampu membuat peta rawan bencana di Kabupaten masingmasing serta dapat menyebarluaskan informasi kegiatan PMI melalui media sebagai bentuk penguatan organisasi,” ungkapnya.

Sedangkan ditempat berbeda, Erwin mengungkapkan, kegiatan ini merupakan pelatihan pendukung untuk peningkatan kapasitas relawan yang tangguh.

“PMI bukan hanya donor darah atau butuh darah hubungi PMI akan tetapi PMI adalah salah satu wadah pengabdian kemanusian memiliki peranan di berbagai kegiatan seperti bencana, pertolongan pertama dan kegiatan sosial,” kata Erwin selaku peserta Bimteks Jurnalistik dari PMI Kab Gowa, Minggu (14/04/19).

 

bas/amd

Komentar

News Feed