oleh

Febri, Jangan Takut Mengungkap Korupsi

BERITA iNEWS.COM, JakartaBagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), peran whistleblower atau pengungkap dugaan tindak pidana korupsi, sangat penting. Demikian disampaikan Juru Bicara KPK Febri Diansyah dalam memperingati World Whistleblowing Day yang jatuh setiap 23 Juni.

Dari pengungkapan whistleblower itu, kata Febri, KPK menindaklanjuti laporan yang masuk untuk kemudian diselidiki. Bisa dikatakan, peran para pengungkap kasus ini, sangat besar bagi tugas KPK.

“Dari 6.468 laporan yang diterima KPK di tahun 2018, sebanyak 2.272 laporan menjadi petunjuk awal yang digunakan KPK untuk mengungkap kasus korupsi,” katanya.

Hal ini menegaskan bahwa laporan masyarakat menjadi salah satu kunci utama keberhasilan pemberantasan korupsi. Sebab, KPK tidak bisa bekerja sendiri dan membutuhkan dukungan masyarakat untuk mengawasi dan mengungkap berbagai kasus korupsi yang terjadi.

“Peran pengungkap sangat penting. Identitas pun akan dijamin kerahasiaan dan keamanannya. Karena itu, jangan takut mengungkap kasus korupsi,” kata Febri.

Bagi kelompok pegiat antikorupsi seperti Transparency International (TI), peringatan World Whistleblowing Day, justru dimanfaatkan untuk mengkampanyekan dukungan masyarakat bagi para pelapor kasus korupsi. Pesan utamaya sangat kuat, bahwa masyarakat yang menjadi bagian dari pengungkap kasus korupsi, tak boleh surut nyali.

TI menciptakan gambar bergerak (GIF) dan stiker yang bisa digunakan melalui aplikasi perpesanan pada smartphone. Dengan menggunanakannya, masyarakat menunjukkan dukungannya kepada para pelapor kasus korupsi di dunia.

Stikerstiker itu bertuliskan aneka bentuk dukungan, seperti I Support Whsitle Blower, Protect Whistle Blower, Speak Up dan lainnya, dengan berbagai aneka warna.

Seperti yang dikutip dari situs voices.transparency.org, masyarakat dapat memasukan kata kunci Transparancy International dalam kolom pencarian GIF di Twitter, atau dengan memasukan kata kunci lainnya seperti “Whistleblower” dan “WWBD2019”. Selain di Twitter, stiker tersebut juga tersedia di Instagram dan Facebook Stories. Cara menggunakannya pun sangat mudah, tinggal memasukan kata kunci “whistleblower” atau “WWBD2019” dalam kolom pencarian GIF

(Bas/Humas kpk)

Komentar

News Feed