Bappeda Makassar Terima 3.485 Usulan Musrenbang Kelurahan

MAKASSAR | Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar Forum Perangkat Daerah di Novotel Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Rabu kemarin (11/3/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk menindaklanjuti hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) di tingkat kelurahan dan kecamatan. Selain itu, Forum ini juga menjadi ajang untuk merencanakan pendanaan program pembangunan di tahun 2021.

Kepala Bappeda Makassar, Andi Khadijah Iriani, menyampaikan bahwa usulan kegiatan dari Musrembang tingkat kelurahan sebanyak 6.782 usulan. Jumlah itu, kata Khadijah Iriani, disaring lagi di Musrembang tingkat kecamatan, yang menyisakan 3.485 usulan.

“Yang terdiri dari usulan aspek ekonomi, dari 560 usulan kelurahan, yang terserap dan bisa disalurkan sebanyak 243 atau 3,56% Kemudian fisik dan prasarana dengan usulan kelurahan sebanyak 5.743 yang bisa disalurkan dan diteruskan ke SKPD sebanyak 3.133 atau 45,03%, sedangkan usulan aspek sosial budaya, dari 479 usulan kelurahan, yang dapat diteruskan ke SKPD melalui kecamatan sebesar 188 usulan atau 2,77%,” jelasnya.

Hal itu berarti, hanya 51,39% usulan dari Musrembang kelurahan yang dapat diteruskan ke SKPD. Khadijah Iriani mengatakan bahwa usulan yang tidak terserap masih dapat diverifikasi kembali.

“Ke mana usulan yang tidak terserap sebesar 3.297 usulan kelurahan? Yang belum atau tertolak atau tidak diakomodir di kecamatan untuk disalurkan ke SKPD? Bagaimana solusinya? Tentu usulan itu masih bisa diverifikasi kembali dan bisa juga menggunakan dana kelurahan,” ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

seventeen − twelve =