BSN Sulsel dengan Bappeda Makassar Gelar Knowledge Sharing Secara Virtual

Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai penerapan standar, khususnya standar sistem manajemen mutu yang berbasis SNI ISO 9001:2015 bagi organisasi perangkat daerah di lingkungan Kota Makassar.

Kantor Layanan Teknis BSN Sulawesi Selatan dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Makassar mengadakan kegiatan knowledge sharing secara daring dengan mengundang berbagai OPD serta Balai dan Laboratorium di lingkungan Kota Makassar.

Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah diskusi dan untuk memberikan pemahaman bagi OPD dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu dan diharapkan akan mendorong peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan sehingga dapat mencapai kepuasan pelanggan atau pengguna layanan.

Kegiatan dihadiri lebih dari 80 peserta yang berasal dari berbagai dinas serta balai dan laboratorium di wilayah Kota Makassar dan Sulawesi Selatan.

Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN Zakiyah menyampaikan bahwa salah satu tugas negara di antaranya melayani masyarakat dalam hal pemenuhan hak dan kebutuhan dasarnya.

Selain itu, membangun kepercayaan atas pelayanan publik yang dilakukan dan meningkatkan kualitas layanan.

Hal itu sejalan dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik serta turunannya yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2012.

Standar Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2015 juga memiliki fokus dalam kualitas layanan atau jasa yang diberikan penyelenggara pelayanan publik kepada pelanggan dalam hal ini warga atau masyarakat.

Sesuai dengan model QMS (Quality Management System), konsep PDCA (Plan-Do-Check-Action) dilakukan organisasi untuk melakukan perencanaan serta menjalankan fungsi layanan dengan memperhatikan kualitas, menilai kualitas pelayanan yang telah dilakukan dan melakukan perbaikan yang berkesinambungan guna meningkatkan kepuasan pengguna layanan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

14 + 17 =