Bachtiar Adnan Kusuma: Perkuat Pendidikan Keluarga, Perangi Hoax  

BERITA iNEWS.COM, MAKASSAR Camat Tamalate H. Hasan Sulaeman memprakarsai pertemuan tokohtokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda sekecamatan Tamalate untuk memerangi hoax yang acapkali menyerang anakanak muda dan remaja. Silaturahmi dan Dialog yang dihadiri Camat Tamalate, Hasan Sulaeman, Kapolsek Tamalate Kompol Arif Amiruddin, Danramil Tamalate, para lurah, ketua LPM, FKM, Ketua RW, ketua BKM Daeng Jarre, Tokoh Agama dan pemuda, berlangsung di Kafe 78 Jl. Daeng Tata, Selasa 1/10.

Camat Tamalate, Hasan Sulaeman menegaskan kalau pertemuan yang digelar bersama para tokohtokoh masyarakat adalah untuk mencegah merebaknya beritaberita hoax yang melanda anakanak dan remaja. Berita hoax yang belum tentu benar, perlu keterampilan dan kecerdasan anakanak dan orang tua membedakan apakah informasi yang diterimanya benar atau bohong.” Kami butuh keterlibatan semua tokohtokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda agar ikut serta menjaga anakanak kita agar tidak terprovokasi beritaberita hoax yang tidak bertanggungjawab,” tegas Hasan Sulaeman.

Bacaan Lainnya

Ketua LPM Parangtambung, Bachtiar Adnan Kusuma menyampaikan gagasan dan pendapatnya dalam pertemuan silaturahmi para tokoh masyarakat Tamalate.Menurut BAK, perlunya memperkuat pendidikan keluarga. Hanya dengan pendidikan yang kuat dari keluarga bisa memerangi hoax. Karena Anakanak itu, seperti kertas berwarna putih, bersih dan suci, hanya faktor lingkungan yang menyebabkan kertas putih bisa berubah jadi hitam atau kotor. Keluarga menjadi benteng utama bagi anakanak untuk diberi bekal awal bagaimana agar mereka tidak terjebab dalam informasi hoax. Karena itu, diperlukan keterlibatan orang tua ikut serta total mengawalanakanaknya. “Kita butuh orang tua yang bisa menjadi figur dan cermin utama bagi anakanaknya,” kata Ketua Forum Peduli Pendidikan Sulsel ini.

Karena itu, setiap persoalan yang muncul di tengah anakanak termasuk ikut serta demo pada jamjam belajar, dibutuhkan keterlibatan orang tua, sekolah dan masyarakat untuk memberikan bekal ilmu yang kuat bagi mereka. Kuncinya haruslah bermula dari rumah tangga. Hanya rumah tangga yang memiliki pendidikan yang baik, bisa menjadi spektrum bagi anakanak agar mereka bisa memilah mana yang baik dan buruk. “Saya mengusulkan agar perlunya kegiatan berkesinambungan aparat kecamatan bersama Polsek Danramil turun ke warga secara rutin dan berkesinambungan. Jangan hanya turun ketika terjadi problem sosial di tengah masyarakat. “ prinsipprinsip upaya preventif, kuratif dan rehabilitatif sangat perlu terus menerus diberikan kepada kaum muda terutama yang berada di 11 kelurahan yang ada di kecamatan Tamalate,’’ kata BAK.

Sementara ketua LPM Balangbaru, M. Nurdin, Ketua FKM Hartaco Rustam Leo ikut memberikan masukan dan tanggapan bagaimana menjadikan Tamalate sebagai salah sati wilayah yang aman, nyaman dan harmonis.

(bas/bak)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *