Bank Indonesia (BI) Sulsel Gelar (DIGIFEST) 2023, Mengusung Tema “Digital Diversification”

Bank Indonesia (BI) Sulsel Gelar (DIGIFEST) 2023, Mengusung Tema “Digital Diversification”
Bank Indonesia (BI) Sulsel Gelar (DIGIFEST) 2023, Mengusung Tema “Digital Diversification”

BERITA,iNEWS, Makassar – Bank Indonesia (BI) wilayah Sulsel kembali menggelar Digital Festival (DIGIFEST) 2023, usung tema “Digital Diversification” yang dilaksanakan di Hotel Claro Makassar. Senin (20/3/2023).

Pada kesempatan itu Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel Rudy Bambang Wijanarko mengatakan bawah tema kali ini sangat relevan dengan perkembangan teknologi, apalagi pada transaksi digital.

Bacaan Lainnya

Dia menjelaskan bahwa berbagai indikator menunjukkan bahwa transaksi ekonomi dan keuangan digital berkembang sangat pesat di Sulawesi Selatan, ini sebuah dari sinergi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder.

Lanjut ia menuturkan sepanjang 2022, nominal transaksi Uang Elektronik (UE) di Sulawesi Selatan mencapai Rp6,8 triliun; tumbuh 26% year-on-year.

“Dan nominal transaksi ATM/Debit mencapai Rp274 triliun atau tumbuh 35% year-on-year. Nominal transaksi Kartu Kredit mencapai Rp3,3 triliun; tumbuh 13% year-on-year. Dari sisi ekonomi digital, nominal belanja e-commerce hingga September 2022 mencapai Rp5,67 triliun atau tumbuh 19,5% year-on-year. “Ujarnya.

“Perkembangan QRIS di Sulsel juga sangat pesat. Dari sisi supply, hingga akhir Januari 2023, jumlah merchant QRIS telah mencapai 768.874 merchant dimana 86% di antaranya adalah UMKM. Dari sisi demand, jumlah pengguna QRIS telah mencapai 516.041. “Rudy Bambang Wijanarko menambahkan.

“Dengan momentum tersebut, BI tetap aktif berperan sebagai edukator serta terus berupaya untuk meningkatkan literasi dan mendorong penggunaan pembayaran digital, termasuk di Sulawesi Selatan. Salah satu program flagship tahunan Bank Indonesia adalah Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) dimana South Sulawesi Digital Festival merupakan rangkaian pre-event FEKDI yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang. “Cetus dia. (**)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *