Berlangsung Transparan, Perekrutan Karyawan PT Vale Libatkan Multipihak

Berlangsung Transparan, Perekrutan Karyawan PT Vale Libatkan Multipihak
Berlangsung Transparan, Perekrutan Karyawan PT Vale Libatkan Multipihak

BERITA iNEWS, LUWU TIMUR – Tahapan tes teknikal yang merupakan bagian dari proses perekrutan karyawan non staf PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) telah berlangsung pada hari Sabtu (25/02/2023). Pada tahapan tersebut lebih dari 3.000 pelamar mengikuti tes teknikal yang dilaksanakan di SD dan SMP Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS).
Proses penjaringan sebanyak 117 pegawai non-staff yang akan mengisi 17 posisi yang dibuka pendaftarannya sejak Desember lalu. Sebelumnya, pada Januari 2023, perseroan telah melakukan tahap Seleksi dan Verifikasi Berkas secara terbuka kepada 4.271 pelamar. Bahkan, Tim Rekrutmen PT Vale melakukan perpanjangan waktu verifikasi untuk melayani pelamar yang berhalangan hadir dalam jadwal sebelumnya.

Sebagai bentuk komitmen transparansi dalam perekrutan, PT Vale melibatkan Universitas Hasanudin, serta melibatkan pihak pemerintah yakni Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Luwu Timur, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Luwu Timur, Polres Luwu Timur, pihak kecamatan dari empat wilayah pemberdayaan, Yayasan Pendidikan Sorowako, dan Departemen Security Services. Seluruh pihak tersebut ikut serta mengawal jalannya proses seleksi yang lebih akuntabel dan transparan. Perseroan juga memfasilitasi kelompok masyarakat yang ingin memantau jalannya proses seleksi.

Bacaan Lainnya

Direktur People and Culture PT Vale Indonesia Tbk, Gustaf Ganna Songgo mengatakan, PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) memastikan proses perekrutan karyawan berjalan transparan dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Perseroan melibatkan tidak saja perguruan tinggi seperti UNHAS sebagai pihak independen yang melaksanakan test teknikal, mulai dari pembuatan soal tes, pengawasan pelaksanaan tes, hingga pemeriksaan lembar jawaban dan pelaporan nilai tes peserta. Tapi juga, seluruh stakeholder terkait dilibatkan demi memastikan prosesnya berjalan sangat transparan,” katanya.

Sebagai bagian dari transparansi, Perseroan terbuka untuk memberikan penjelasan terhadap pertanyaan-pertanyaan yang masuk. Sebagai contoh, pertanyaan mengenai tingkat Kelulusan Tes Teknikal Posisi Instrumen 3 yang hanya sebesar 33.12%.

“Kami sampaikan jumlah peserta untuk tes teknikal posisi Instrument 3 adalah sebanyak 227 orang dan bukan 277 orang, dengan demikian tingkat % kelulusan untuk posisi Instrument 3 adalah 92/227 = 40.53%,”jelas Gustaf.

Sementara itu, terkait isu adanya penambahan nomor tes dari yang sebelumnya diumumkan. Gustaf memaparkan, bahwa benar terdapat peserta tes dengan nomor 3475 – 3478, walaupun jumlah peserta tes yang diumumkan sebelumnya hanya sampai nomor Tes 3474.
Menurut Gustaf, tiga peserta dengan nomor tes 3475, 3476, dan 3477 merupakan peserta rekrutmen non staff yang telah lulus tahapan seleksi dan verifikasi berkas namun tidak tercatat pada pengumuman sebelumnya.

“Berpedoman pada informasi yang disampaikan dalam lembar pengumuman kelulusan seleksi dan verifikasi berkas, ke tiga Peserta tersebut kemudian menghubungi Panitia Rekrutmen sebelum dilakukan tes teknikal dan dapat memberikan bukti bahwa ketiganya telah lulus tahapan Seleksi dan Verifikasi Berkas tersebut, sehingga dengan demikian ke tiganya berhak untuk mengikuti tahapan Tes Teknikal,”tuturnya.

Demikian pula, terkait peserta dengan nomor tes 3478. “Ada peserta tes dengan nomor tes berbeda dengan nama yang sangat mirip, dan keduanya telah dijadwalkan untuk mengikuti tes di ruangan yang berbeda. Namun, keduanya datang ke ruangan tes yang sama. Pada saat petugas registrasi menghubungi panitia, pelaksanaan tes akan segera dimulai sehingga diputuskan untuk mengikutkan kedua peserta tersebut ke ruangan tes dengan memberikan nomor tes baru yakni no. 3478 kepada salah seorang peserta menggantikan nomor tes sebelumnya,” paparnya.

Sebagai informasi, ujian dimulai dengan peserta melakukan registrasi dan memperlihatkan KTP dan kartu ujian. Jumlah soal yang dikerjakan peserta yaitu 100 butir soal dengan waktu ujian per gelombang selama dua jam. Tak hanya itu saja, PT Vale mendokumentasikan seluruh tah

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *