Didampingi Bupati Wajo, Wagub Sulsel Tinjau Rehabilitasi Irigasi Cenrana

BERITA iNEWS, WAJO — Dilengkapi perlengkapan keselamatan (safety first), Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman meninjau proyek pengerjaan Rehabilitasi daerah irigasi D.I. Cenrana Kabupaten Wajo, Senin (12/10/2020).

Kunjungan wagub sulsel yang didampingi Bupati wajo untuk melihat langsun progres pembangunan proyek yang terletak di Desa Lampulung, Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan proyek rehabilitasi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Provinsi Sulawesi Selatan dengan nilai kontrak sekitar Rp 20,5 Miliar merupakan Program IPDMIP atau Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program dari pusat.

Rehabilitasi irigasi ini untuk normalisasi menggunakan pompa listrik.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, “Alhamdulillah ada progres, kita cuma butuh masyarakat mendukung. Ini merupakan potensi,” ungkapnya.

Nantinya irigasi ini, kata dia, bisa untuk pengendali banjir. “Paling penting masyarakat harus tahu jika ini bukan untuk dialihkan banjir kesini, itu tidak. Ini manfaatnya bagus sekali, ada kebun bisa mengairi 2700 hektar kebun di bawah. Mudah-mudahan bisa dilanjutkan bisa bermanfaat untuk masyarakat di bawah dan sekitar. Bisa dipake perkebunan. Termasuk ini pengendali banjir,” jelasnya.

Ia meminta penanggungjawab proyek untuk memperhatikan warga sekitar dalam pembangunan ini. “Harus (pekerjanya) dari sini juga. Pemerintah selain proyek yang dikerjakan, perlu menggerakkan ekonomi masyarakat dan perlu melibatkan masyarakat,” pinta Andi Sudirman.

Melihat kondisi Kabupaten Wajo yang kerap dilanda banjir dari air kiriman, Wagub Sulsel menyarankan agar melakukan pembicaraan bersama 3 kabupaten untuk solusi permanen.

“Kita butuh kerjasama untuk membicarakan, air yang masuk di danau Tempe dari mana saja. Lalu kita cari solusi apakah untuk dibendung atau sabo kantong sedimen di Hulu dll. Supaya air tidak ke sini semua. Setelah dibendung, kita perbaiki hutan di atas terakhir outer ring road sekaligus tanggul sebagai disposal pengerukan lengkap pintu airnya. Tapi yang paling penting harus ada kajian solusi permanen bersama” jelasnya.

Ia pun meminta dukungan kepada Bupati Wajo, Amran Mahmud untuk ikut membantu demi kelancaran proyek ini.

Dirinya pun sempat berencana membuat aturan agar setiap proyek Pemprov Sulsel, pelaksana dan konsultan pengawas dipilih dari warga di daerah lokasi pengerjaan itu.

Konsultan pengawas proyek, Bahtiar menceritakan kendala-kendala yang dihadapi oleh konsultan.

“Pekerjaan ini sebelumnya ada penolakan warga. Pengerjaannya memasuki dua bulan, tapi 1 bulan terkendala karena faktor alam dan faktor sosial. Progresnya saat ini sudah 30 persen,” ungkapnya.

Ia mengakui, bahwa hal itu berkat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Wajo dalam hal ini Bupati Wajo, Amran Mahmud.

“Bapak Bupati bantu sosialisasikan di masjid. Perlu sosialisasi untuk memberikan pemahaman ke masyarakat terkait rehabilitasi irigasi ini,” ungkapnya.

Selain itu, Wagub Sulsel pun tampak duduk dan berbincang akrab dengan masyarakat sekitar. (*)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *