Formatur KMG Audiensi Dengan PGIW Sulselbara, Pdt Yohanis Metris : Sangat Apresiasi Terbentuknya Wadah Musisi Gereja

Formatur KMG Audiensi Dengan PGIW Sulselbara, Pdt Yohanis Metris : Sangat Apresiasi Terbentuknya Wadah Musisi Gereja
Formatur KMG Audiensi Dengan PGIW Sulselbara, Pdt Yohanis Metris : Sangat Apresiasi Terbentuknya Wadah Musisi Gereja

BERITA, iNEWS, MAKASSAR – Tim formatur pembentukan wadah Komunitas Musisi Gereja (KMG) yang dipimpin Pendeta (Pdt) Muhammad Ramli melakukan audiensi dengan pengurus Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Wilayah (PGIW) Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara (Sulselbara), Selasa (25/07/2023).

Dalam kegiatan audiensi yang berlangsung penuh kekeluargaan di Jl. Perintis Kemerdekaan No.52 Km.17,5 Makassar yang merupakan kediaman Nunu Ansa dari Gereja POUK (Persekutuan Oikumene Umat Kristen) Jemaat Lahai Roi, hadir pengurus GPIW Sulselbara diwakili oleh Sekretaris Umum (Sekum) Pdt Yohanis Metris, M.Th.

Bacaan Lainnya

Selain Pdt Muhammad Ramli (GKSS) dan Nunu Ansa, anggota formatur KMG yang menghadiri audiensi tersebut yakni Yohan Tinungki, S.Mus, M.Mus (GPIB Immanuel), Adrian Mamusung (GPIB Pammase), Patanggu (Gereja POUK Jemaat Kanaan), Yopie Bolly (Gereja POUK Jemaat Lahai Roi), Valliand (Gereja Toraja Sudiang), Ida Tandi (GPIB Immanuel) dan James W (GPIB Mangngamaseang).

Mengawali audiensi, Pdt Muhammad Ramli melaporkan inisiasi pembentukan wadah KMG ini berawal dari rasa keprihatinan atas belum optimalnya perhatian yang diberikan kepada kalangan musisi gereja. Kedepannya dengan terbentuknya wadah yang diharapkan bernaung dibawah PGIW Sulselbara, maka komunitas ini diharapkan jadi motor pengembangan kualitas musik dan kemampuan para musisi gereja dalam memberikan pelayanan di gereja-gereja.

Menanggapi laporan dan sejumlah masukan yang dikemukakan para peserta audiensi, Sekum PGIW Sulselbara Pdt Yohanis Metris menyampaikan sangat mengapresiasi ide dan inisiasi yang luar biasa terhadap pembentukan wadah yang menghimpun para musisi gereja dari berbagai gereja di wilayah Sulselbara.

“Wajah gereja adalah ibadah. Dalam ibadah itu bukan hanya pelayanan firman, tetapi banyak hal pendukung lainnya. Sebab dalam ibadah dibutuhkan pula respons manusia terhadap Tuhan. Dan puji-pujian itulah respons manusia kepada Tuhan. Dalam puji-pujian yang diiringi musik inilah bentuk dialog manusia dengan Tuhan,” ungkapnya.

Pdt Yohanis Metris menambahkan, setiap gereja dilingkungan PGIW Sulselbara tentunya sudah punya Komisi Liturgi dan Musik. Meski demikian, PGIW Sulselbara tetap ingin persatukan gereja-gereja dalam pelayanan ibadah. “Nah dengan hadirnya KMG sebagai wadah pembinaan musik dan paduan suara untuk pelayanan gereja-gereja dalam lingkup PGIW Sulselbara, tentunya ini merupakan hal yang baru. Karenanya PGIW Sulselbara akan menjadikan wadah ini sebagai mitra pelayanan,” pungkasnya.

Kegiatan audiensi yang diwarnai masukan para peserta dan selanjutnya mendengarkan arahan maupun petunjuk dari Sekum PGIW Sulselbara Pdt Yohanis Metris, diakhiri dengan santap siang kemudian melakukan foto bersama.(**/BB)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *