Kenal Kearifan Lokal, Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Kunjungi Museum Balla Lompoa

Kenal Kearifan Lokal, Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Kunjungi Museum Balla Lompoa
Kenal Kearifan Lokal, Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Kunjungi Museum Balla Lompoa

BERITA, iNEWS, Makassar – Siswa kelas X SMA Islam Athirah Bukit Baruga melakukan kunjungan ke Museum Balla Lompoa yang berada tepat di jalan Jl. K. H. Wahid Hasyim No.39, Sungguminasa, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Rabu (10/5/2023).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari proyek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema kearifan lokal. Siswa disambut dengan baik oleh pihak Museum Balla Lompoa.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Kebudayaan Kab. Gowa, Ikbal, S.Sos, M.Si menyampaikan kepada siswa untuk melihat semua koleksi yang ada di museum tersebut. Apalagi setiap koleksi telah dilengkapi Barcode.

“Semua koleksi di museum ini telah dilengkapi barcode. Sehingga siswa dapat menemukan penjelasan dari masing-masing koleksi tersebut melalui scan barcode. Setelah di-scan akan muncul penjelasan menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris,” ungkapnya.

Setelah siswa selesai mengelilingi museum, siswa diarahkan untuk duduk mendengarkan penjelasan dari Jufri Tanri Bali Dg. Pile sebagai Kurator Museum Bola Lompoa terkait sejarah Balla Lompoa, sejarah kabupaten Gowa dan makna Lontara.

Koordinator Proyek, Mukhlis Rahmad, S.Pd, Gr. menjelasakan bahwa kunjungan di Museum Balla Lompoa merupakan tahapan kontekstualisasi. Ia berharap dengan adanya proyek ini, dapat tumbuh rasa ingin tahu terkait kearifan lokal.

“Harapannya dengan mengunjungi Museum Balla Lompoa secara langsung, siswa dapat melihat dan merasakan secara kearifan lokal. Sehingga tumbuh keinginan untuk mengetahui kearifan lokal secara lebih mendalam,”tuturnya. (**/Rls/BB)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *