KKN Pulo Bandring Gelar Panggung Kreatifitas

KKN Pulo Bandring Gelar Panggung Kreatifitas
KKN Pulo Bandring Gelar Panggung Kreatifitas

BERITAiNEWS PULO BANDRING — Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIDU Asahan Kecamatan Pulo Bandring menggelar kegiatan panggung kreativitas kearifan lokal, dengan tujuan untuk penguatan pemahaman keagamaan melalui kearifan lokal.

Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Jami’ul Mukminin, Desa Sukadamai, Kecamatan Pulo Bandring, Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa Iaidu Asahan, untuk memberikan pembelajaran kepada anak anak dan remaja, (25/08/2024).

Bacaan Lainnya

Berbagai Kegiatan berlangsung di Desa tersebut. Turut hadir Mewakili Rektor Dr. Surono Zamroni, MMLS, Camat Pulo Bandring yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Pulo Bandring Hashar Effendi Hasibuan, KKN Desa Bunut Seberang, KKN Desa Gedangan, KKN Desa Tanah Rakyat, KKN Desa Pulo Bandring, KKN Desa Sukadamai, KKN Desa Sukadamai Barat, KKn Desa Sidomulyo, ikut menyemarakkan kegiatan tersebut, bersama dengan masyarakat sekitar.

Kegiatan diawali dengan menampilkan praktek Fardhu Kifayah, Para mahasiswa tersebut begitu antusias dan semangat, agar anak anak dan remaja mendapatkan ilmu dari hasil praktek Fardhu Kifayah.

Berbagai kegiatan yang di gelar adalah, praktek Fardhu Kifayah dari KKN Sidomulyo, marhaban dari KKN Bunut Sebrang, hadroh dari KKN Gedangan, tarian 7 etnis Sumatera Utara dari KKN Desa Tanah Rakyat, marhaban dari KKN Pulo Bandring, tari Aceh dari KKN sukadamai, reban klasik (nasyid) dari KKN Sukadamai Barat, serta tari persembahan dan Folksong.

Dalam Kesempatan ini, Camat Pulo Bandring yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Pulo Bandring Hashar Effendi Hasibuan mengatakan,

“Agar terus mempercayakan Kecamatan Pulo Bandring untuk di datangkan mahasiswa KKN di setiap tahun nya dan berharap apa yang ditampilkan juga menjadi pelatihan kepada anak anak dan remaja, untuk semakin cinta ke pada agama serta menjadi regenerasi kebudayaan dan kearifan lokal islam di desa masing masing mereka”

Sementara itu, Mewakili Rektor Dr Surono Zamroni, MMLS mengatakan, “ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk bisa memberikan pembelajaran kepada anak anak dan remaja mengenal lebih dekat lagi Islam melalui kebudayaan dan kearifan lokal islam di masa yang sangat modern ini, dan mengapresiasi atas apa yang telah di buat mahasiswa KKN di setiap desa dan dengan penampilan ini menjadi indikator keberhasilan.

Koordinator Kecamatan Pulo Bandring Joe Arofi mengatakan, “Alhamdulillah kegiatan ini terlaksana tidak terlepas dari semangat kawan kawan mahasiswa di setiap desa nya.

Kegiatan ini merupakan harapan dari setiap kelompok untuk bisa menunjukkan kepada masyarakat dan pihak kampus bahwasanya mahasiswa KKN IAIDU ASAHAN kali ini benar benar-benar memberikan dampak kepada masyarakat karena ini bukan hanya sekedar penampilan tapi juga salah satu bentuk menjadikan regenerasi di dalam masyarakat serta melestarikan dan memberikan pemahaman keagamaan melalui kearifan lokal.

Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh kelompok KKN di kec. Pulo Bandring dan seluruh pihak yang terkait untuk mensukseskan kegiatan ini.

Lanjut, Mewakili Mahasiswi KKN Iaidu Asahan Tantri Rahayu, Dari adanya kegiatan panggung kreativitas kearifan lokal Sekecamatan Pulo Bandring sangat Mengapresiasi sekali, karena kegiatan ini mengaitkan antara nilai-nilai agama dan kearifan lokal yang kaya akan budaya dan tradisi untuk memperdalam pemahaman keagamaan di kalangan mahasiswa.

Mengingat bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki keberagaman budaya dan agama, sehingga pendekatan yang menggabungkan keagamaan dengan kearifan lokal dapat memperkuat toleransi dan kebersamaan di tengah masyarakat”

Pewarta : Aris Ardi Sinaga/TNR

 

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *