Kompetisi “Royco Ibu Juara 2024” Angkat Keistimewaan Olahan Ikan Bolu sebagai Hidangan Kebanggaan Kota Makassar

Kompetisi “Royco Ibu Juara 2024” Angkat Keistimewaan Olahan Ikan Bolu sebagai Hidangan Kebanggaan Kota Makassar
Kompetisi “Royco Ibu Juara 2024” Angkat Keistimewaan Olahan Ikan Bolu sebagai Hidangan Kebanggaan Kota Makassar

BERITAINEWS, Makassar – Mengulang antusiasme masyarakat yang luar biasa di tahun lalu, Kompetisi Masak Terbesar di Makassar bertajuk “Royco Ibu Juara” kini hadir kembali hadir atas kolaborasi Royco bersama Tim Penggerak PKK Kota Makassar.

Diikuti oleh para ibu PKK dari 15 Kecamatan di Makassar, kompetisi ini bertujuan menyebarluaskan inspirasi hidangan bernutrisi seimbang dengan mengangkat hidangan kebanggaan warga Makassar yaitu berbagai olahan Ikan Bolu sebagai bintang utama. Kompetisi ini telah mencapai puncaknya pada acara “Malam Penganugerahan Royco Ibu Juara 2024” yang turut dimeriahkan oleh kehadiran penyanyi kenamaan Inul Daratista.

Bacaan Lainnya

Ilham Chairat, Senior Brand Manager Royco menerangkan, ”Berdasarkan laporan Indonesia Brand Footprint tahun 2024 yang dirilis oleh Kantar Divisi World Panel, Royco sebagai brand bumbu masak nomor 1 di Indonesia tercatat dipilih oleh 8 dari 10 masyarakat Indonesia – termasuk jutaan keluarga di kota Makassar tercinta. Sebagai bentuk apresiasi atas kesetiaan dan kepercayaan tersebut, Royco kembali mempersembahkan kompetisi ’Royco Ibu Juara’ yang pertama kali terselenggara tahun lalu dan telah mendapatkan antusiasme yang luar biasa.”

Berlokasi di pinggir pantai, kota Makassar mendapat julukan Kota Makan Enak karena ada begitu banyak kekayaan hasil laut yang diolah masyarakat menjadi berbagai hidangan khas yang menggugah selera, termasuk Ikan Bolu yang diangkat sebagai bintang dalam kompetisi ”Royco Ibu Juara 2024”.

Berkolaborasi dengan pihak Pemerintah, yaitu Tim Penggerak Kota Makassar, sejak bulan Agustus lalu Royco telah melakukan sosialisasi mengenai kompetisi ini ke lebih dari 1.150 ibu di 15 Kecamatan. Salah satu bentuk kegiatannya adalah edukasi memasak Ikan Bolu Goreng dengan praktis, cukup menggunakan Royco tanpa tambahan bumbu dasar lainnya.

“Kami mengedukasi ibu-ibu di Makassar agar dapat menyajikan olahan ikan yang lezat bergizi serta praktis bagi keluarga, menggunakan Royco yang tidak hanya dibuat dari ayam yang direbus lama tapi juga kaya akan rempah berkualitas.

Kami memahami bahwa mengolah ikan goreng sebagai salah satu menu favorit keluarga Makassar terkadang memang cukup menantang jika takaran bumbunya tidak pas. Namun dengan Royco yang kaya rempah, proses marinasi ikan kini menjadi lebih mudah karena rasanya sudah pasti gurih, kaya rasa dan bernutrisi,” jelas Ilham.

Ikan Bolu dipilih karena merupakan hasil laut terbesar di Makassar yang sangat mudah didapatkan, sehingga diharapkan inspirasi yang diberikan dapat diterapkan sehari-hari oleh para ibu di rumah. Selain itu, Royco juga ingin menyebarkan edukasi untuk membantu ibu menyiapkan menu yang praktis serta bergizi bagi keluarga dengan Royco.

Ibu Indira Yusuf Ismail, SE selaku Ketua PKK kota Makassar menanggapi soal kolaborasi yang terjalin, ”Meskipun Royco sudah dikenal luas di dapur para ibu,

Saya yakin resep masakan yang diperagakan dalam kegiatan ini dapat memperkaya selera dan menunjukkan keunggulan kualitas kuliner dari kota Makassar. Melalui kompetisi ’Royco Ibu Juara 2024’, saya harap para ibu dapat memperoleh keterampilan baru dalam mengolah bahan pangan, terutama ikan, serta meningkatkan kualitas masakan sehari-hari di rumah sehingga menjadi lebih bernutrisi.”

Setelah proses sosialisasi program, sebanyak lebih dari 150 ibu telah bergabung di kompetisi ini sehingga akhirnya terpilih 50 semifinalis yang saling beradu kemahiran dan kreativitas dalam mengolah Ikan Bolu, bertempat di Lapangan Karebosi tanggal 7 September lalu. Tidak tanggung-tanggung, penjurian dilakukan langsung oleh Ibu Ketua PKK kota Makassar, pakar kuliner kenamaan di kota Makassar yaitu Chef Hendro Lawalata, dan Ibu Istriati Natsir sebagai pemenang “Ibu Royco Juara 2023”.

Ada pula keseruan lainnya berupa Lomba Yel-yel “Gurih Gurih Mantap” yang diikuti oleh ratusan ibu PKK dari 15 Kecamatan kota Makassar untuk memberi dukungan pada peserta.

Sebagai acara puncak, telah digelar “Malam Penganugerahan Royco Ibu Juara 2024” pada tanggal 8 September di Ballroom Hotel Four Points. Terpilih 5 (lima) pemenang dengan kreasi Ikan Bolu Goreng terbaik yang berhak mendapatkan apresiasi berupa uang tunai senilai total Rp30 juta.

Salah satu pemenang, Ibu Andi Fadilah Rizki Rifai, Ketua TP PKK dari Kecamatan Ujung Tanah Makassar menyatakan, “Alhamdulillah saya bisa jadi salah satu juara di kompetisi ini.

Saya banyak terinspirasi oleh resep dari Royco, lalu mencoba berbagai modifikasi sampai akhirnya mendapatkan hasil yang paling pas. Ternyata masak Ikan Bolu itu tidak sulit, bumbunya juga jadi lebih simpel karena sudah ada Royco yang kaya rasa.

Terima kasih banyak Royco! Mudah-mudahan kompetisi ini bisa hadir lagi di Makassar, supaya lebih banyak ibu yang terbantu untuk memasak dengan mudah, tapi hasilnya tetap lezat dan bernutrisi.”

Acara ini turut dimeriahkan dengan penampilan penyanyi kondang Inul Daratista yang ikut menyampaikan dukungannya, “Setiap kali berkunjung ke kota Makassar, pasti kulineran aneka menu ikan jadi agenda wajib yang tidak pernah kulewatkan. Ikan Bolu Goreng jadi salah satu favoritku, dan senang sekali sekarang variasinya jadi makin lengkap berkat kelihaian ibu-ibu juara yang memenangkan kompetisi ini.

Selamat buat para pemenang, semoga bisa menginspirasi ibu lainnya untuk terus berkreasi dengan menu-menu bernutrisi!”

“Kami harap kompetisi ‘Royco Ibu Juara’ dapat semakin mendekatkan Royco ke hati ibu dan keluarga Makassar, serta menginspirasi pentingnya menjadikan aneka sajian lezat bernutrisi seimbang. Sampai jumpa di persembahan istimewa Royco lainnya!” tutup Ilham.(**)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *