Kunjungi Command Center Pemkot Makassar, Wakil Ketua DPRD Jabar Puji Layanan Gratis NTPD 112

Kunjungi Command Center Pemkot Makassar, Wakil Ketua DPRD Jabar Puji Layanan Gratis NTPD 112
Kunjungi Command Center Pemkot Makassar, Wakil Ketua DPRD Jabar Puji Layanan Gratis NTPD 112

BERITA iNEWS, MAKASSAR — Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Oleh Soleh mengaku terkesima dengan layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Rasa kagum itu disampaikan Oleh Soleh disela-sela kunjungannya di Command Center Pemkot Makassar, Lantai 10 Balai Kota Makassar, Rabu (18/01/2023).

Bacaan Lainnya

Oleh Soleh mendampingi Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo dan Kabid TIK Polda Jabar Kombes Pol Asep Akbar Hikmana melakukan studi banding di Command Center Pemkot Makassar.

Dalam kunjungannya, Oleh Soleh menyempatkan diri berdiskusi dengan operator NTPD atau Call Center 112 di bawah pengelolaan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar.

Ia banyak berdiskusi terkait dengan tindaklanjut dari laporan masyarakat yang masuk di Call Center 112. Apalagi layanan gratis ini tidak hanya untuk masyarakat Kota Makassar tapi juga pengunjung atau wisatawan.

“Biasanya kan di daerah itu yang dilayani cuma KTP di sana, tapi layanan di sini itu tidak. Ia melayani juga tamu di luar Makassar yang melapor di Call Center 112. Nah ini yang menarik,” kata Oleh Soleh.

Menariknya, lanjut Oleh Soleh, Command Center ini terkoneksi langsung dengan OPD lingkup Pemkot Makassar. Salah satunya Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar.

Bahkan, kata dia, Command Center ini tersambung dengan kepolisian. Semua persoalan bisa diadukan lewat 112. Mulai dari masalah kesehatan, gangguan ketertiban dan keamanan, hingga kebencanaan.

“Selanjutnya operator Command Center melanjutkan laporan masyarakat ke OPD terkait dan salutnya adalah dalam tempo hitungan menit pengaduan ini bisa terselesaikan,” ucapnya.

Untuk itu, ia menilai bahwa program layanan gratis Call Center 112 yang diinisiasi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto ini patut diapresiasi dan dicontoh secara luas.

“Inilah sebagai contoh membuat regulasi program dan kebijakan yang perlu ditiru, bukan hanya di Jawa Barat tapi juga dari Sabang sampai Marauke,” puji Oleh Soleh.

Sementara, Kepala Diskominfo Makassar Mahyuddin mengatakan tidak hanya CCTV, operation center di Lantai 10 Balai Kota Makassar juga melayani Call Center 112.

NTPD Kota Makassar ini, kata Mahyuddin, dapat diakses bebas pulsa atau gratis. Layanan ini juga menerima aduan masyarakat, mulai dari pohon tumbang, layanan mobil jenazah, hingga gangguan kamtibmas.

“Hal-hal yang emergency untuk masyarakat itu bisa juga menghubungi layanan Call Center 112, ini salah satu inovasi kita. Jadi dengan menghubungi nomor ini nanti kita sambungkan dengan OPD terkait,” tutup Mahyuddin.

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *