Lomba Debat Bahasa Indonesia, Tim SD Islam Athirah 2 Melaju ke Babak Semifinal

Lomba Debat Bahasa Indonesia, Tim SD Islam Athirah 2 Melaju ke Babak Semifinal
Lomba Debat Bahasa Indonesia, Tim SD Islam Athirah 2 Melaju ke Babak Semifinal

BERITA iNEWS, MAKASSAR — Tim SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga dipastikan melaju ke babak semifinal setelah keluar sebagai pemenang di babak penyisihan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) yang diselenggarakan oleh Departemen Kurikulum Sekolah Islam Athirah, Jumat (24/2/2023) pagi.

Kegiatan yang bertujuan untuk membangun dan melatih budaya berpikir kritis ini merupakan pagelaran perdana dan diperuntukkan khusus untuk guru dan karyawan Sekolah Islam Athirah.

Bacaan Lainnya

Direktur Sekolah Islam Athirah H. Syamril, S.T., M.Pd. dalam sambutannya mengatakan, tidak masalah berbeda pendapat, nantinya ada sesuatu yang bisa diperbaiki dari apa yang dibahas tersebut.

“Buktikan, berdebat sekalipun, tetap anggun unggul cerdas, ada hal-hal baru yang bisa diambil. Semoga dengan adanya kegiatan ini membuat kita semakin bijak ketika ada permasalahan, bahwa berbeda itu biasa,” katanya.

Diwawancarai usai lomba, Dr. Asriana Abdullah, S.Si., S.Pd., M.Kes. mewakili tim menuturkan, debat antar guru dan karyawan ini merupakan kompetisi yang baru pertama kali diadakan di Sekolah Islam Athirah. Ada banyak pelajaran yang didapatkan dengan mengikuti ajang ini.

“Banyak pelajaran yang dapat dipetik dari lomba ini, meskipun awalnya saat diutus menjadi perwakilan unit sempat ada rasa menolak. Namun, dengan mengikuti lomba ini dapat melatih guru dan karyawan untuk berdiskusi atau berpendapat secara terstruktur dan anggun dengan mengedepankan adab,” ujarnya.

“Mengenai persiapan yang dilakukan sebelum berlomba dengan menyatukan persepsi dengan semua anggota tim, merumuskan mosi yang tepat, mencari literatur dan referensi dari berbagai sumber baik media elektronik maupun media cetak,” jelasnya.

“Selanjutnya, menyusun argumen seperti arahan Asian Parlimentary Debat yaitu AREL. Kemudian, menyusun dan bahan tersebut, berdiskusi terkait poin penting, serta menyusun strategi siapa yang bertugas sebagai pembicara 1, pembicara 2, dan pembicara 3,” imbuhnya.

“Puji syukur kepada Allah, karena Allah yang memberikan segala kemudahan. Terima kasih kepada pimpinan SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga yang mengamanah kepada kami. Terima kasih juga kepada semua rekan guru dan karyawan tanpa terkecuali. Dan terima kasih kepada dewan juri dan panitia pelaksana,” pungkasnya. (*b)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *