Nurdin Abdullah Rencana Fungsikan Kembali Rute Rel Kereta di Zaman Belanda BeritaINews.com

 

BERITAINEWS.COM MakassarGubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah berencana membangun rute rel kereta api di kawasan wilayah selatan Sulsel. Hal ini Nurdin sampaikan setelah bertemu dengan pihak Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (15/3).

Bacaan Lainnya

“Karena di zaman Belanda dulu ada rute rel kereta ke selatan. Itu yang mau dijajaki oleh BPPT,” kata Nurdin Abdullah.

Ia menyebutkan, hal ini sejalan dengan program Kementerian Perhubungan yang juga ingin menjadikan Sulsel sebagai salah satu pusat pengembangan kereta api di Indonesia.

“Gerbong dan rel kereta api akan didatangkan dari Jepang. Model kereta apinya, adalah model kereta api cepat. Maka untuk itu, perlu dikaji terlebih dahulu. Ada gerbong yang dari Hokkaido, coba dikaji apakah cocok untuk kondisi kita,” terangnya.

Kajian yang dilakukan oleh BPPT ini akan jadi dasar pengambilan keputusan yang tepat nantinya. Untuk mendukung hal tersebut, maka selanjutnya direncanakan untuk mengadakan kantor bersama antara Pemprov Sulsel – BPPT.

“Kita akan adakan kantor di sini, khusus bersama BPPT untuk mendesain kebutuhan kereta api itu,” imbuhnya.

Selain untuk tim kereta api, juga akan ada tim khusus percepatan pembangunan pertanian, tim percepatan pembangunan perikanan, serta tim percepatan pembangunan peternakan.(*)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *