Pelindo Jasa Maritim Gelar Workshop, Ciptakan SDM Yang Unggul

Pelindo Jasa Maritim Gelar Workshop, Ciptakan SDM Yang Unggul
Pelindo Jasa Maritim Gelar Workshop, Ciptakan SDM Yang Unggul

BERITA, iNEWS, Makassar – PT Pelindo Jasa Maritim, Sub Holding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero), menggelar Workshop Transformasi Awak Kapal untuk menjaga kehandalan kapasitas SDM.

Belajar tidak pernah mengenal usia dan masa. Melalui pembelajaran, apapun bentuk kegiatannya, manusia dapat terus mengasah diri sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya serta memiliki kemampuan yang lebih mumpuni.

Bacaan Lainnya

Demikian pula dengan Subholding PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) yang salah satu focus bisnisnya adalah layanan jasa kapal. Melalui serangkaian Transformasi Awal Kapal yang ditujukan untuk para awak kapal, Perusahaan secara berkesinambungan menjaga kapasitas SDM agar benar-benar handal dalam memberikan layanan kepada seluruh pemakai jasa.

“Ada beberapa seri Workshop yang kami siapkan untuk setiap Regional. Sebagai seri awal, ini digelar selama tiga hari di Surabaya, dari 2 hingga 4 Mei 2023,” kata Senior Vice President Sekretaris Perusahaan, TUbagus Patrick Tribudi Utama Iskandar.

Sasaran utama adalah para awak kapal di SPJM seperti nakhoda, Kepala Kamar Mesin (KKM), Mualim I dan II, Masinis serta petugas Technical Superintendent. Dalam workshop ini, mereka akan diperkaya dengan materi-materi mulai dari materi dasar seperti Basic Vessel atau Tug’s Operation, Basic Ship Maintenance dan Troubleshooting, serta Safety Practice.

Dalam workshop ini juga terdapat materi Sustainability Improvement Through AKHLAK Framework, dan Basic HSSE Marine yang merupakan penguatan bisnis dalam mengimplementasikan K3L atau keselamatan, Kesehatan kerja dan lingkungan. Mengingat awak kapal adalah sumber daya manusia dengan tingkat risiko tempat kerja yang tinggi sehingga prioritas pada keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan kerja adalah hal mutlak yang harus diperhatikan.

Sebagaimana diketahui, SPJM sebagai bagian dari Pelindo, perusahaan yang menerapkan standar ESG atau Environment, Social and Governance. Standar ini adalah meletakkan aspek Lingkungan, Sosial, Tata Kelola dengan praktik bisnis dan investasinya yang terintegrasi serta terimplementasi dalam kebijakan perusahaan sehingga menciptakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Dengan menempatkan kepedulian yang tinggi pada K3, hal ini sejalan dengan prinsip-prinsip ESG di perusahaan.
Adapun tempat pelaksanaan kegiatan berlokasi di Kantor Pusat PT Pelindo Marine Service Pelindo Place Lantai 19 Surabaya, Jawa Timur.

“Melalui Workshop Transformasi Awak Kapal Regional 3 ini, diharapkan kualitas dan kapasitas SDM para awak kapal meningkat yang berdampak positif pada kualitas layanan serta mendukung upaya bisnis Perusahaan yang berkelanjutan,” ujar Patrick. (**/Rls/BB)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *