Pemancing Hilang di Bulukumba, Tim Sar Temukan Hanyut  Perairan Jeneponto

Pemancing Hilang di Bulukumba, Tim Sar Temukan Hanyut  Perairan Jeneponto
Pemancing Hilang di Bulukumba, Tim Sar Temukan Hanyut  Perairan Jeneponto

BERITAiNEWS BULUKUMBA — H Salling (50), nelayan yang dilaporkan belum kembali melaut di perairan Bira Bulukumba akhirnya ditemukan Tim Sar Gabungan hanyut di perairan Jeneponto, Sulsel, pada Kamis (18/7/2024). Korban ditemukan berada di atas perahunya yang ternyata mengalami mati mesin dan hanyut ke perairan Jeneponto.

“Sekitar pukul 11.39 Wita korban ditemukan Tim Sar Gabungan setelah perahu miliknya hanyut hingga perairan Jeneponto,” terang Muhammad Arif Anwar, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar.

Bacaan Lainnya

Menurut Arif Anwar, saat hendak memancing di perairan Bira Bulukumba perahu korban mengalami mati mesin sehingga terbawa arus dan hanyut hingga perairan Jeneponto. Karenanya, keluarga dan nelayan yang mencari sehari sebelumnya sudah tidak menemukan keberadaan korban di lokasi biasa memancing.

Adapun Tim Sar Gabungan yang tiba di lokasi menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) langsung mengevakuasi korban menuju pelabuhan Birea Bantaeng untuk dijemput keluarganya.

“Alhamdulillah korban selamat dan sudah dievakuasi ke pelabuhan Birea Bantaeng untuk diserahkan ke keluarganya,” imbuh Arif Anwar.

Atas kejadian ini, Arif Anwar kembali mengimbau kepada nelayan untuk memperhatikan keselamatan dirinya saat hendak melaut. Utamanya melengkapi dengan pelampung dan alat komunikasi sederhana agar bila terjadi kondisi darurat bisa melakukan komunikasi dan meminimalkan risiko.

“Semoga kejadian ini bisa menjadi perhatian khusus betapa pentingnya nelayan melengkapi diri dengan alat keselamatan berupa pelampung dan alat komunikasi sederhana, agar jika terjadi kondisi tidak diinginkan bisa segera melaporkan ke keluarga atau pihak berwenang,” tutup Arif Anwar.

Sebelumnya, pria paruh baya itu dilaporkan belum kembali melaut setelah sehari sebelumnya pamit memancing ikan di perairan Bira Bulukumba. Namun hingga malam hari yang seharusnya sudah kembali, tak kunjung pulang. Ternyata perahunya mengalami mati mesin dan hanyut sebelum ditemukan Tim Sar Gabungan menjelang siang tadi.(*)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *