Pertama Kali, 40 Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ikuti Sertifikasi Menjadi Guru Al-Qur’an Metode Ummi

Pertama Kali, 40 Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ikuti Sertifikasi Menjadi Guru Al-Qur'an Metode Ummi
Pertama Kali, 40 Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ikuti Sertifikasi Menjadi Guru Al-Qur'an Metode Ummi

BERITAINEWS, Makassar – Sebanyak 40 siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengikuti sertifikasi menjadi Guru Al-Qur’an dengan metode Ummi di hotel denpasar, jalan boulevard, Selasa (8/10/2024).

 

Bacaan Lainnya

Sertifikat ini menjadikan SMA Islam Athirah Bukit Baruaga sebagai satu-satunya sekolah di Sulawesi Selatan yang menerapkan sertifikasi menjadi Guru Al-Qur’an bagi siswa.

 

Sertifikasi ini merupakan upaya sekolah dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an secara tartil, sesuai dengan kaidah tajwid yang benar.

 

Ustdzah Aulia manager training ummi daerah makassar mengatakan banyak sekolah di Sulawesi Selatan yang ditawarkan untuk dilakukan sertifikasi guru al Quran namun SMA Islam Athirah Bukit Baruga yang tidak pernah ditawarkan justru menjadi sekolah pertama menggelar sertifikasi guru Al Quran.

 

“Salah satu program ummi untuk siswa SMA sebenarnya targetnya adalah sertifikasi, alhamdulillah SMA Islam Athirah Bukit Baruga satu satunya sekolah di Sulawesi Selatan menggelar sertifikasi menajdi guru al quran untuk siswa,” Ujarnya, pada saat memberi sambutan.

 

Lebih lanjut, dia menjelaskan di Surabaya terdapat sekolah bernama sekolah Islam Al Hikmah telah sepuluh tahun menggelar sertifikasi Al Qur’an untuk siswanya.

 

“SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengambil langkah inovatif dalam upaya peningkatan pengetahuan agama serta pengabdian kepada masyarakat dengan menyelenggarakan program sertifikasi pengajar Al-Qur’an untuk siswanya,” Jelasnya.

 

Sementara itu, Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga Dr Bakry Liwang menuturkan sertifikasi guru Al Qur’an menjadi salah satu kegiatan program unggulan sekolah

 

“Program ini akan terintegrasi dengan project akhir siswa, sebelum tamat siswa akan mengerjakan project akhir ini membuat prodak literasi, digital, karya tulis ilmiah, hingga program magang dua minggu di diperusahaan dan instansi pemerintah,”tuturnya.

 

Selain itu, Alumnus dari Malaysia itu menjelaskan penerapan metode Ummi memberikan kemudahan dalam mengajarkan Al-Qur’an, sehingga siswa tidak hanya dapat membaca dengan tartil, tetapi juga menghayati setiap bacaan dengan lebih baik. “Program ini merupakan langkah penting dalam mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki pondasi spiritual yang kuat,” Tambahnya.

 

Terpisah, Ketua Panitia Ustad Romi

mengungkapkan 40 siswa kelas XII ini adalah angkatan pertama di SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengikuti sertifikasi al quran.

 

“Bahkan di Sulawesi Selatan tingkat SMA jadi sekolah pertama melakukan sertifikat sekaligus menjadi angkatan pertama Sulawesi Selatan ini semua tidak terlepas dari dukungan pimpinan kita yang luar biasa dan siswa yang terpilih merupakan kehendak Tuhan mereka menjadi angkatan pertama mengikuti sertifikasi menjadi guru Al Qur’an,” Tutupnya

 

SMA Islam Athirah Bukit Baruga merupakan sekolah unggulan di Makassar yang berkomitmen untuk membentuk generasi Islami yang berprestasi dalam bidang akademik dan non-akademik. Selain program pendidikan berbasis Al-Qur’an, sekolah ini juga mengembangkan berbagai program unggulan lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa. (**)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *