Resmi Diluncurkan Di Indonesia, Juul Tawarkan Alternatif Untuk Perokok Dewasa

BERITA iNEWS.COM, Jakarta10 Juli 2019 – JUUL Labs, produsen Electronic Nicotine Delivery System (ENDS) terkemuka dari Amerika Serikat[1], hari ini mengumumkan peluncuran perangkat JUUL dan JUULpods di Indonesia. Peluncuran ini menandai kelanjutan langkah JUUL dalam mewujudkan misinya untuk membantu meningkatkan kualitas hidup satu miliar perokok dewasa di dunia dengan menciptakan produk alternatif dari rokok. Melalui kemitraan eksklusif bersama PT Jagad Utama Lestari (PT JUL), anak perusahaan PT Erajaya Swasembada Tbk. (Erajaya Group), produk JUUL kini tersedia untuk perokok dewasa di Indonesia.

JUUL Labs Inc. didirikan oleh Adam Bowen dan James Monsees yang merupakan mantan perokok. Saat masih merokok, mereka merasa terganggu oleh dampak merokok terhadap kesehatan pribadi dan kehidupan sosial mereka. Namun keduanya tidak berhasil menemukan alternatif lain yang sesuai. Adam dan James pun kemudian mulai mengembangkan konsep produk alternatif dari rokok pada pertengahan tahun 2000an saat menjalani program pascasarjana di Stanford. Setelah proses penelitian dan pengembangan produk selama satu dekade, JUUL diluncurkan pertama kalinya di Amerika Serikat di tahun 2015.

Bacaan Lainnya

Dengan mempertimbangkan kebiasaan perokok, JUUL dirancang sebagai perangkat yang sederhana dengan teknologi yang dipatenkan. Perangkat JUUL dan kartridnya (JUULpods) merupakan sistem tertutup (closed vaping system) dan menggunakan desain pengendalian suhu yang sudah dipatenkan, sehingga penggunanya mendapatkan pengalaman vaping yang konsisten. Tanpa tombol atau saklar, JUUL merupakan perangkat yang ringkas, bebas dari abu dan bau. Desain, fungsi, dan sensasi yang dihadirkan oleh JUUL memberikan alternatif bagi para perokok dewasa di Indonesia.

James Monsees, Pendiri dan Chief Product Officer JUUL Labs mengatakan, “Di JUUL Labs, misi global kami adalah untuk meningkatkan kualitas hidup satu miliar perokok dewasa di dunia dan kami telah melihat sejumlah kesuksesan dalam mencapai misi tersebut di negara di mana kami beroperasi. Di AS, kami melihat perokok mulai menggunakan JUUL sebagai alternatif terhadap rokok konvensional. Kami berharap dengan hadirnya JUUL di Indonesia, perokok dewasa di negara ini juga memiliki alternatif yang sama.”

Hal ini sejalan dengan fakta bahwa ada 67 juta perokok dewasa di Indonesia atau sekitar 39% dari jumlah populasi dewasa di Indonesia. Angka ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah perokok dewasa ketiga terbesar di dunia. Laporan World Health Organization (WHO) tahun 2018 mencatat 225.720 orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit yang berhubungan dengan konsumsi rokok, atau sekitar 14,7%, dari keseluruhan tingkat mortalitas. Di Indonesia, setiap tahunnya beban ekonomi akibat merokok dapat mencapai Rp 600 miliar, termasuk biaya langsung untuk perawatan kesehatan dan biaya tidak langsung yang disebabkan oleh hilangnya produktivitas akibat mortalitas dan morbiditas.

Kent Sarosa, Country General Manager JUUL Labs Indonesia mengatakan, “Di Indonesia, merokok merupakan salah satu penyebab utama kematian yang berhubungan dengan penyakit yang dapat dicegah. JUUL hadir untuk memberikan produk alternatif kepada perokok dewasa. Selain itu, kami juga mendukung diskusi mengenai kebijakan di masa depan yang tepat sasaran untuk kategori produk inovatif ini.”

Chee Ping Sim, Direktur PT JUL mengatakan, “PT JUL menyambut baik inisiatif JUUL Labs untuk meningkatkan kualitas hidup para perokok dewasa di Indonesia dengan menyediakan alternatif untuk beralih dari rokok. Melalui kerja sama ini, kami percaya bahwa kini perokok di Indonesia memiliki pilihan untuk mengendalikan dampak dari merokok, baik untuk diri mereka sendiri maupun orang lain di sekitar mereka.”

Pada kesempatan terpisah, Nirwala Dwi Heryanto, Direktur Teknis Dan Fasilitas Cukai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuanganmengatakan, “Bea Cukai terbuka terhadap perkembangan industri baru melalui pengenaan cukai terhadap produk seperti JUUL ini, sehingga ke depannya Bea Cukai dapat melakukan pengendalian, pengawasan, dan pemetaan secara konsisten.”

Perangkat JUUL tersedia dalam dua warna, slate dan silver. JUULpods tersedia dalam kemasan berisi dua kartrid dengan pilihan kadar nikotin 3% dan 5%, serta tersedia dalam empat varian yaitu Tembakau Virginia, Mint, Mangga, dan Vanila, untuk memenuhi kebutuhan nikotin yang berbeda dari perokok dewasa. Pengguna juga dapat membeli Dok Pengisian Daya USB tambahan.

Kios JUUL saat ini berada di Pacific Place (Jakarta) dan Beachwalk Shopping Centre (Bali). Dalam waktu dekat, akan hadir dua toko di Cilandak Town Square dan Plaza Indonesia. Produk JUUL juga akan tersedia di beberapa toko serbaada seperti Alfamart, Minimart, Shell Select, dan Pepito. Selain toko serbaada, JUUL juga akan tersedia di beberapa toko vape, dan gerai F&B di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

(*/basno)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *