SMPN 27 Makassar Launching Buku Literasi di Hari Kesaktian Pancasila

Polres Luwu Timur Kawal Aksi Demo Buruh di Gedung DPRD Secara Humanis
Polres Luwu Timur Kawal Aksi Demo Buruh di Gedung DPRD Secara Humanis

MAKASSAR, BeritaInews.com–Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2022 dirayakan oleh sekolah-sekolah di kota Makassar dengan upacara bendera. Namun hal berbeda dilaksanakan di SMP Negeri 27 Makassar, bukan dengan upacara melainkan dengan jalan santai berhadiah.

Sekira 1.250 siswa, guru dan staf, serta orang tua siswa mengikuti kegiatan ini. Selain itu diluncurkan pula buku literasi sebagai bentuk upaya sekolah untuk memperkuat budaya literasi bagi peserta didik dan meneguhkan SMPN 27 sebagai sekolah penggerak.

Bacaan Lainnya

Buku literasi ini berbentuk booklet yang mengharuskan siswa untuk mencatat sejumlah buku yang telah dibacanya dan membuat catatan singkat tentang apa yang dibacanya. Buku ini juga menuntut partisipasi orang tua dan wali kelas untuk mengontrol bacaan anak didik.

Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Makassar Muh. Guntur, S.Pd, M.Pd. Dalam sambutannya, Guntur menyambut baik program ini sebagai program yang layak diapresiasi. “Ini buku literasi, jadi semakin banyak kamu membaca, semakin baik” pesan kabid dikdas ini seraya menyerahkan buku literasi secara simbolis kepada perwakilan siswa.

Kepala SMP Negeri 27 Makassar, Nurdin, S.Pd, SH, M.Pd mengajak warga sekolah dan orang tua siswa untuk menyukseskan program buku literasi ini. “Mari kita bersama sama bekerja untuk meningkatkan literasi anak-anak., ” Ucap Guntur

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia jalan santai Naston, menjelaskan bahwa jalan santai dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan hari kesaktian pancasila. “ini adalah salah satu upaya sekolah untuk penguatan profil pelajar pancasila, mengingat sekolah ini adalah salah satu sekolah penggerak,” tegasnya.

Pelepasan peserta jalan santai oleh kabid dikdas ditandai dengan melepas balon ke udara. Rute melalui jalan Dg. Tata, jalan Dg. Ngeppe, Jalan Mappaodda, jalan Abd. Kadir, dan kembali ke sekolah. Sejumlah doorprize disiapkan oleh panitia seperti sepeda, tas, jam tangan, kipas angin, tumbler, dan paket hiburan lainnya.

Hadiah utama berupa satu buah sepeda lipat berhasil dimenangkan oleh siswa kelas 7.1 Muh. Ridan yang diserahkan langsung oleh Kepala Sekolah. Acara ini turut didukung pula oleh aplikasi belajar Ruang Guru.

Laporan :(humas27)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *