Sosialisasi Empat Pilar : Anggota MPR RI Tekankan Penguatan Persatuan Dan Keutuhan Bangsa

BERITA iNEWS, MAKASSAR Anggota DPR RI Komisi IX, Ashabul Kahfi menjadi narasumber di Mini Hall Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar pada Rabu, 5 Februari 2020. Di sana ia menjadi keynote speaker pada dialog kebangsaan.

Di ruangan yang sama, ada pula Pengamat Politik Kebangsaan yang juga Dosen Unismuh Makassar, Arqam Azikin.

Bacaan Lainnya

Kahfi dan Arqam Azikin menjadi narasumber untuk kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI bertajuk ‘Pancasila Sebagai Pondasi Berbangsa Dan Bernegara’

Dalam pemaparannya, Kahfi berharap agar kampus, khususnya mahasiswa Unismuh menjadi insan yang berkompeten di kemudian hari.

Sebab kondisi bangsa ditentukan oleh pondasi generasi akan datang.

“Sebagai mantan aktivis Muhammadiyah tentu berharap kader selanjutnya mampu menjadi penggebrak persatuan dan keutuhan bangsa,” ujar Kahfi.

Pada prinsipnya kondisi sebuah negara agar menjadi kuat, kata Kahfi, haruslah berlandaskan pada politik nilai atau ‘High Politics’.

“Selain mengedepankan High Politics tadi, nawaitu kita perlu diluruskan. Apakah kita hadir karena kekuasaan atau karena nilai tadi. Jika kekuasaan, jalan kita tentu tidak baik, karena kekuasaan mampu berbuat semenamena. Dan rakyat menjadi korban,” pungkas Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel periode 20002003 ini.

Sementara menurut Aqram Azikin, pondasi kebangsaan diperlukan keseriusan dan kehatihatian.

“Negara semakin tergerus, bahkan disintegrasi kebangsaan banyak hadir melalui platform yang mudah dijangkau dan itu nyata, olehnya perlu ketelitian. Kita perlu lebih banyak mawas diri (introkpeksi), melihat sebuah bangsa seperti melihat diri sendiri,” tutur Arqam.(*)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *