Wagub Sulsel Urutan ke8 Daftar Tokoh Milenial Tervokal Versi Indonesia Indicator

BERITA iNEWS, JAKARTA Indonesia Indicator mencatat, ada 10 figur milenial yang masuk dalam jajaran tokoh milenial tervokal 2019.

Menurut Rustika, tokoh tervokal (influencers) adalah tokoh yang pendapatnya paling banyak dikutip media daring. Tokoh tervokal berusaha untuk memberikan pengaruhnya di media melalui berbagai pernyataannya di media.

Bacaan Lainnya

“Mereka termasuk bagian dari media daring meski belum tentu mediagenic,” katanya.

Febri Diansyah kembali menjadi tokoh milenial tervokal 2019. Menurut Rustika, pernyataan Febri yang dikutip media mencapai 206.369 pernyataan.

Sebagai Juru Bicara KPK, pernyataan Febri banyak dikutip oleh media. Komentar Febri antara lain mengenai OTT KPK, polemik revisi UU KPK, pemilihan pimpinan KPK yang baru, dan kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, dan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, ada posisi ke2 dan ke3 Tokoh Milenial Tervokal 2019. Media banyak mengutip pernyataan Nadiem ketika ia dipilih masuk kabinet Jokowi. Jumlahnya mencapai 25.989 pernyataan.

Sementara itu, komentar Gibran yang berkaitan dengan rencananya maju dalam pemilihan Wali Kota Surakarta mencapai 17.605.

Peneliti INDEF Bhima Yudhistira (30 tahun) dan pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago (33 tahun) bertengger di posisi ke4 dan ke5 Tokoh Milenial Tervokal.

Pernyataan Bhima Yudistira dikutip media daring sebanyak 17.195 kali, sedangkan Pangi Syarwi Chaniago 17.012 pernyataan.

Lima nama lain yang melengkapi daftar 10 besar tokoh milenial paling vokal pada tahun 2019 adalah Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan (33 tahun) dengan 15.479 pernyataan dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (35 tahun) dengan 14.990 pernyataan.

Selanjutnya, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman (36 tahun) dengan 13.015 pernyataan, peneliti ICW Kurnia Ramadhana (27 tahun) dengan 12.719 pernyataan, dan Senior Manager Humas PT KAI Daop I Jakarta Eva Chairunisa (35 tahun) dengan 9.560 pernyataan. (*)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *