Ditemukan Potensi Cadangan Gas Baru di SumselBeritaINews.com

Jakarta Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan kegiatan eksplorasi di Blok Sakakemang, Sumatera Selatan, berpotensi menemukan cadangan gas baru untuk memenuhi kebutuhan energi nasional.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan kegiatan eksplorasi di Wilayah Kerja (WK) Sakakemang dilakukan oleh konsorsium Repsol, Petronas, dan Mitsui Oil Exploration. Eksplorasi masih akan terus dilakukan sampai jumlah cadangan gas diketahui secara pasti.

Bacaan Lainnya

“Potensinya cukup signifikan meskipun kami saat ini belum bisa menyebutkan angkanya. Tentu saja dalam waktu segera akan ditindaklanjuti dengan persiapan produksi,”kata Dwi saat konferensi pers di Kantor SKK Migas, Jakarta Senin, 18 Februari 2019.

Dwi mengatakan Repsol pada 2018 memutuskan untuk melakukan pengeboran ke2 di dalam Blok Sakakemang. Sumur Kaliberau Dalam 2X (KBD2X) ditajak pada 20 Agustus 2018 dengan target fractured basement.

Lokasi sumur berada sekitar 60 kilometer dari lapangan gas raksasa Suban. Pada awal Februari 2019, Repsol dan SKK Migas menemukan potensi cadangan dengan kedalaman sumur mencapai target 2430 MD.

Sejak 10 Februari lalu hingga beberapa hari ke depan, Repsol melakukan tes produksi dengan hasil sementara laju alir tes sebesar 45 mmscfd. Keberhasilan sumur KBD 2X akan membuka eksplorasi dengan target fractured basement di Sumatera Selatan hingga ke Sumatera Tengah.

Pada Senin ini, Repsol melakukan penandatanganan komitmen 1 wilayah kerja eksplorasi kembali yaitu di WK South Sakakemang. Repsol tetap berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan eksplorasi di Indonesia.(*)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *