Harhubnas 2022, Pelindo Regional 4 Makassar Gelar “Bersih Laut dan Pantai”

BERITA iNEWS, MAKASSAR — PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar menggelar kegiatan “Bersih Laut dan Pantai” dalam rangka memeriahkan Hari Perhubungan Nasional atau Harhubnas yang jatuh pada Sabtu, 17 September 2022.

General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid mengatakan, giat yang mengusung tema “Bangkit Maju Bersama” ini telah dilaksanakan pada sekitar akhir pekan lalu bersama dengan stakeholder Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini dilaksanakan di Pelabuhan Rakyat Paotere yang merupakan bagian atau unit dari Pelindo Regional 4 Makassar, dengan fokus pada aksi membersihkan sampah di wilayah pesisir dan laut agar tercipta lingkungan pelabuhan yang bersih, rapi, nyaman, dan sehat,” ujar Suhadi.

Selain untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan, kegiatan ini juga untuk merealisasikan bentuk pencegahan bencana alam di wilayah laut dan mengimplementasikan kegiatan nyata bagi masyarakat terutama di lingkungan perhubungan untuk selalu menjaga lingkungan khususnya area pelabuhan.

Pelabuhan Paotere yang terletak di Kota Makassar sendiri merupakan potret pelabuhan rakyat dan merupakan salah satu pelabuhan tertua di Indonesia. Saat ini, Pelabuhan Paotere merupakan kawasan wisata bahari dengan pemandangan gaya klasik dan moderen, lengkap dengan kapal-kapal tradisional yang terbuat dari kayu.

Melalui kegiatan aksi bersih laut dan pantai ini, Suhadi berharap agar dapat membantu dan mengedukasi masyarakat khususnya di sekitar Pelabuhan Paotere akan pentingnya menjaga lingkungan.

“Semoga aksi “Bersih Laut dan Pantai” ini bermanfaat dan semakin banyak masyarakat yang teredukasi bahwa penting menjaga ekosistem, khususnya di perairan,” tukasnya.

Hari Perhubungan Nasional 2022 dengan tema “Bangkit Maju Bersama” yang digaungkan Kementerian Perhubungan (Kemnhub) kali ini, diharapkan menjadi spirit kebangkitan jasa transportasi setelah dua tahun menghadapi pandemi Covid-19.

Kegiatan “Bersih Laut dan Pantai” di Pelabuhan Paotere itu juga melibatkan instansi lain di wilayah Pelabuhan Makassar, seperti Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Kantor Distrik Navigasi Kelas I Makassar, Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel, Dinas Perhubungan Kota Makassar, Polairud Polda Sulsel, Lantamal VI Makassar, Polres Pelabuhan, Polsek Pelabuhan Soekorno Hatta, dan masyarakat sekitar Pelabuhan Paotere.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar Capt. Barlet menambahkan bahwa aksi bersih laut dan pantai penting dilakukan untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan harmonisasi dengan seluruh mitra kerja, stakeholder, dan masyarakat sekitar.

Dia juga berharap agar melalui aksi bersih laut dan pantai bisa menunjukkan kepedulian terhadap kebersihan, keindahan, dan kelestarian lingkungan bahari. (**)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.