Kabinet Jilid II Jokowi Maruf Rencana Ada kementrian Baru dan Akan Dilebur

BERITA iNEWS.COM, JAKARTA Ada rencana Kabinet Jilid II Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk melebur sejumlah nomenklatur kementerian pada pemerintahannya dalam 5 tahun yang akan datang.

Meskipun belum secara detail menjelaskan ke publik, perlahan tapi pasti rencana Jokowi menggabungkan sejumlah nomenklatur kementerian dan lembaga mulai terungkap.

Bacaan Lainnya

Adapun pembahasan hal ini sudah mengerucut. Beberapa sumber yang ikut dalam pembahasan nomenklatur mengemukakan bahwa perubahan yang sudah dalam tahap akhir adalah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

Kemenko Bidang Maritim akan menjadi Kemenko Bidang Maritim dan Investasi. Nantinya seluruh investasi akan terpusat di bawah kendali Menko Maritim dan Investasi,”ungkap sumber CNBC Indonesia.

Selain itu, Kementerian Investasi, masih menurut sumber tersebut, bakal terwujud dan menjadi jelmaan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) saat ini.

Kemudian, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akan dipertimbangkan dilebur dengan Kementerian Perdagangan,”jelasnya.

Sementara itu, Kementerian Perindustrian yang dikabarkan akan dilebur menjadi satu dengan Kementerian Perdagangan dipastikan akan tetap berdiri sendiri.

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi pada saat ditemui sempat mengungkapkan hal yang sama.

“Saya dengar [kementerian] perdagangan [dan] industri yang akan [dilebur]. [kementerian] luar negeri dikasih tugas negosiasi ekspor kita,”kata Sofjan beberapa waktu lalu.

Sofjan memahami, rencana melebur kementerian dan lembaga tak lepas dari masalah ekonomi yang sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir dikeluhkan oleh kepala negara.

Kinerja investasi dan ekspor yang loyo, memang kerap kali membuat Jokowi melontarkan wacana untuk menggabungkan nomenklatur terkait untuk memaksimalkan potensi yang ada.

Karena kebanyakan yang ngurus juga tidak efisien. Tadi banyak sekali departmen mengurus UKM. Tak efisien. Saya pikir rencana pak Jokowi harus kita dukung,”tegasnya.

Menurut Sofjan, penggabungan nomenklatur memang diperlukan untuk mengantisipasi faktorfaktor yang selama ini menghambat perekonomian, di tengah dinamika ketidakpastian global.

Kita harus gerak cepat. Situasi ekonomi kita ini susah sekali loh. Kita harus kerja keras bersatu menghadapi ke depan bersama,”kata Sofjan.

Tak hanya itu, Kementerian Ekonomi Digital bahkan disebut akan hadir dalam nomenklatur jilid dua pemerintahan Jokowi. Di tengah perubahan ekonomi dunia, maka diperlukan suatu badan yang bisa mengantisipasi perubahan.

Indonesia belum memiliki kementerian digital kan? Ini menurut saya penting,”kata Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Sri Adiningsih.(*)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *