PKB Sulsel Uji Kelayakan Kepatutan Bacaleg

PKB Sulsel Uji Kelayakan Kepatutan Bacaleg
PKB Sulsel Uji Kelayakan Kepatutan Bacaleg

BERITAiNEWS, Makassar – Menjelang pemilahan umum Pemilu tahun 2024, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulsel melakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) Bacaleg untuk Pemilu 2024 di kantor PKB Makassar Sabtu 29/04/2023.

Pada UKK itu rencananya berlangsung selama tiga hari yakni dari Sabtu, Minggu dan Senin, 29, 30 April dan 1 Mei 2023 di LPP Bappilu PKB Sulsel Jl. Hertasning No 19 Kota Makassar.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu Ketua DPW PKB Sulsel Azhar Arsyad mengatakan bahwa UKK ini sangat penting untuk mengolaborasi sejauh mana pemilihan dan komitmen para teman teman ini jika setelah menjadi anggota DPRD.

Dia menuturkan selain itu juga bagaimana komitmen sebelum menjadi anggota dewan maupun setelah duduk sebagai anggota dewan di DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota.

“Kita butuh parameter yang terukur makanya tim panelis yang kita datangkan itu dari berbagai profesi. Ada dari akademisi, ada dari NGO. Ada dari bagian media sosial, NU, Muhammadiyah. Kita betul-betul butuh persepektif yang lumayan lengkap sebelum kita menentukan apakah orang ini pantas menjadi representasi, ikut kontestasi pemilu di 2024,” kata Azhar Arsyad.

Tak hanya itu, Legislator DPRD Sulsel ini juga mengungkapkan, uji kelayakan dan kepatutan ini untuk mengetahui kompetensi dan kesiapan bacaleg. Bukan hanya punya visi tetapi paham fungsi-fungsi representasi sebagai legislator.

“Jadi saya berterima kasih kepada seluruh panelis eksternal mulai dari aktivis seni, ada sahabat Fadli, ada dari Muhammadiyah, NU, LSM, dan selebgram, YouTubers. Artinya kita memang membuka diri karena kita paham betul bahwa kenapa muncul sampai hari ini stigmatisasi atau persepsi publik terhadap rendahnya pemihakan anggota DPR, atau lemahnya komitmen kerakyatan, itu karena proses rekrutmennya tidak pernah terukur. Itu yang coba kita buka,” pungkasnya. (**/BB)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *