Wagub Sulsel, Toraja Harus Jadi Terdepan Pembangunan di Sulsel

BERITA iNEWS, MAKASSAR — Disambut Bupati dan jajarannya, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menghadiri acara peringatan 63 Tahun Kabupaten Tana Toraja dan ke 773 Tahun Kabupaten Toraja. Dengan tema “Budaya Toraja Perekat Bangsa”.

Andi Sudirman yang kenakan pakaian adat Toraja ini disambut oleh Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae yang mengalungkan kain tenun Kepada Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Bacaan Lainnya

Perayaan ini berlangsung di Bundaran Kolam Makale, tepatnya di depan Monumen Patung Lakipadada, Senin (31/8/2020). Dalam hari jadi kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Dengan menerapkan protokol kesehatan. Para tetamu yang hadir menggunakan masker dan menjaga jarak. Bahkan para penari pun menggunakan face shield.

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae menyampaikan, atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tana Toraja mengucapkan bangga dan terima kasih atas kehadiran Wagub Sulsel.

“Ini bukti kepedulian Pak Wagub. Pak Wagub sudah hadir sejak kemarin untuk melakukan peninjauan pada beberapa pembangunan di Toraja” ungkapnya.

Ia pun menyampaikan, bahwa Pemprov Sulsel telah memberikan bantuan keuangan sebanyak Rp 32 Miliar di APBD Tahun Anggaran 2020 untuk Kabupaten Tana Toraja. Hal itu untuk pembangunan, pembukaan dan pengaspalan jalan akses bandara Buntu Kunik.

“Tanggal 4 nanti, DPRD mengeluarkan instruksi agar, kalau OPD mau ke Makassar mau ke Makassar, agar naik pesawat (di Bandara Buntu Kunik), termasuk Kepala Desa, tokoh masyarakat. Jadi kita harus berpromosi selama tiga bulan,” pungkasnya.

Hari jadi ini, kata dia, merupakan momentum sebagai loncatan untuk perubahan dan perbaikan ke depan dalam menghadirkan bangsa yang cerdas.

“Budaya sebagai perekat bangsa. Orang Toraja harus bangga dengan budaya. Budaya mempersatukan Negera Kesatuan Republik Indonesia. Kita mendorong bagaimana budaya ini betul-betul hadir sebagai perekat bangsa,” pungkasnya.

Ia pun menyampaikan, bahwa Bank Sulselbar memberikan CSR bantuan keuangan senilai Rp 200 juta dan ambulans. “Awalnya (bantuan CSR) Rp 200 juta. Tapi berkat kehadiran pak Wagub bertambah,” akunya.

Disela-sela kegiatan, Bank Sulselbar kembali membawa kabar baik. Menambahkan bantuan CSR menjadi Rp 250 juta.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, bahwa untuk meningkatkan wisatawan, diperlukan infrastruktur yang memadai agar mempermudah dalam menjangkau tempat wisata. Terlebih Kabupaten Tana Toraja memiliki beragam destinasi wisata.

Pemprov Sulsel, kata dia, mengupayakan untuk daerah terisolir. “Pemerintah harus jalankan asas keadilan. Toraja tidak boleh lagi melihat ke belakang. Harus terdepan dalam pembangunan baik Wisata budaya, kearifan lokal dan panorama alam. Saya ada di belakang Sang Torayan, majuki. Kalo ada macam macam mengganggu Toraja lapor ke saya,” tegasnya.

Menurutnya, Tana Toraja harus terdepan dalam pembangunan di Sulawesi Selatan. “Tana Toraja harus terdepan dalam pembangunan di Sulsel. Itu menjadi wujud pemerataan pembangunan,” ungkapnya yang disambut tepuk tangan dari tetamu.

Wagub Sulsel pun menyampaikan terima kasih terhadap Presiden RI, Joko Widodo yang memperhatikan pembangunan di Sulawesi Selatan. Salah satunya pada pembangunan bandara Buntu Kunik.

Infrastruktur harus merata baik di Kota maupun di wilayah terpencil, bagi Wagub Andi Sudirman Sulaiman ada hak hak orang terpencil yang harus diberikan. “Infrastruktur harus dibangun baik itu di wilayah terpencil. Ini pemerintah harus melakukan subsidi untuk tiket sebagai stimulan untuk akses transportasi udara mendekatkan Toraja dengan wisatawan,” lanjutnya.

Bagi Wagub Andi Sudirman Sulaiman, masyarakat Toraja hidup dengan toleransi yang tinggi. “Di Toraja, saya selalu bangga dengan masyarakatnya yang hidup dalam kerukunan beragama, berbeda beda tapi satu. Ini kampung saya juga, keluarga saya hadir di sini jauh sebelum saya lahir.” sambungnya.

Memasuki momentum Pilkada, dirinya berpesan untuk memiliki komitmen. “Saya tahu orang toraja tidak bisa dipengaruhi, memilih dengan apa yang dilihat, didengar dan dirasakan,” tuturnya.

Wagub Andi Sudirman Sulaiman mempertegas akan memperjuangkan hak hak masyarakat Toraja. Hal itu untuk menerapkan Pancasila, salah satunya social justice atau Keadilan Sosial.

“Tahun ini (perayaan) ke 773, luar biasa. Kedepan tidak boleh lagi menganggap (Toraja daerah kecil) dan takut. Ada Gubernur, ada Wagub, maju ki,” pungkasnya yang disambut tepuk riuh.

“Memperjuangkan hak-hak yang dibutuhkan masyarakat Toraja, termasuk budaya, wisata, serta pengembangan,” tegasnya.

Dikesempatan itu, Wagub Sulsel menyerahkan reward prestasi pendidikan bagi lulusan SMA/sederajat yang diterima di universitas terkemuka di Indonesia, seperti di UI dan IPB.

Turut hadir Anggota DPD RI, Lily Amelia Salurapa; Ketua dan Wakil Ketua PKK Tana Toraja; DPRD Tana Toraja; Forkopimda Tana Toraja; serta tokoh agama dan tokog masyarakat. (*)

e catalog beritainews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *